Mengenai Saya

Foto saya
I am still 22 years old. Graduated from Chemical Engineering ITB. Part of @yli_ac. Struggling to be a Supply Chain Specialist in a Multinational FMCG Company. Twitter: @Ivanhadinata; Linkedin: http://id.linkedin.com/pub/ivan-hadinata-rimbualam/37/b26/58a

Senin, 30 Mei 2011

Visi, Misi dan Tujuan Organisasi


Tentunya Anda sudah pernah mendengar istilah organisasi di lingkungan anda beraktivitas, apakah dari lingkungan SMA, Kampus, dan lainnya. Apa itu organisasi? Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial dari sekelompok individu, yang saling berinteraksi menurut suatu pola terstruktur dengan cara tertentu sehingga setiap anggota organisasi mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing, dan sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu, dan juga mempunyai batas-batas yang jelas sehingga organisasi dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Daft, 2001).

Lalu dalam sebuah organisasi pastinya memiliki visi dan misi yang menjadi arah bergeraknya organisasi tersebut menuju ke masa depan. Lalu apa arti visi dan misi, serta apa perbedaannya? Mari kita lihat beberapa contohnya terlebih dahulu mulai dari contoh visi organisasi.

1. Pertamina:
To be a world class national oil company

2. Pupuk Sriwidjaja:
Menjadi perusahaan yang kuat dan tumbuh dalam industri pupuk di tingkat Nasional maupun Regional"

3. Mercedes-Benz:
To be the Number 1 in Quality, Image and Profitability in the Automotive Sector in Indonesia

4. ITB
Menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi dan seni yang unggul, handal dan bermartabat di dunia.

Lalu dari keempat contoh visi organisasi di atas, apa yang dapat kita simpulkan? Visi merupakan keinginan akan keadaan di masa mendatang yang dicita-citakan oleh seluruh anggota perusahaan mulai dari jenjang paling bawah hingga yang paling atas. Cita-cita di masa depan yang ada di benak pimpinan perusahaan yang mewakili seluruh anggota perusahaan inilah yang menjadi visi dari suatu perusahaan. Visi organisasi haruslah mencakup:
  • What do we want to become
  • Provide a big picture of a different reality for future
  • Give a direction
  • Inspire employee, staff & team member
Lalu apa itu misi organisasi? Apa bedanya dengan visi? Misi merupakan kendaraan untuk menuju ke arah visi. Misalnya kita ingin mempunya visi, yaitu menuju ke kota Bandung, maka misi adalah kendaraan (mobil, pesawat, motor, truk) supaya dapat mencapai kota Bandung sebagai keinginan kita di masa akan datang. Misi adalah cara/metode bagaimana agar kita dapat mencapai visi kita yg gemilang. Misi juga mengungkapkan mengenai peran perusahaan/organisasi dalam masyarakat. Misi merupakan dekripsi secara kualitatif yg sesuai dengan visi dan menentukan arah organisasi & tujuan jangka panjang. Misi harus dapat mengakomodasi segala kebutuhan untuk mencapai visi. Drucker (1974), misi lebih merupakan alasan-alasan yang menyebabkan berdirinya sebuah perusahaan (the reasons for which the business is established). Misi juga merupakan langkah-langkah operasional untuk mencapai visi perusahaan.

Beberapa contoh misi organisasi adalah:
Contoh:
  1. Pertamina : To carry out integrated core business in oil, gas, and biofuel based on sound commercial principlesn
  2. Pupuk Sriwidjaja: "Memproduksi, memasarkan pupuk dan produk agrobisnis dengan memperhatikan aspek mutu secara menyeluruh.
Lalu apa itu tujuan organisasi? Tujuan organisasi adalah dasar penyusunan dari struktur organisasi. Tujuan digambarkan sebagai keadaan yang ingin dicapai oleh organisasi yang lebih operasional dan terukur. (S.B Hari Lubis : Pengantar Teori Organisasi : Suatu Pendekatan Makro)
Karakteristik Tujuan adalah
  1. Terukur
  2. Realistik
  3. Menantang
  4. Berbatas Waktu
  5. Khusus (Stoner, Management)
Semoga pemaparan makna dari Visi, Misi, dan Tujuan Organisasi dapat memberikan penjelasan yang lebih mendalam agar kalian dapat mengetahui lika liku dala berorganisasi lebih mendalam.

Salam,
Ivan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar